get app
inews
Aa Read Next : Saksi AMIN dan Ganjar-Mahfud Tolak Teken Hasil Pleno KPU Jombang, Ada Apa?

Relawan Jatim Beragam Mojokerto Gelar Diskusi Bareng Peternak Kambing Di Kecamatan Trawas Mojokerto 

Sabtu, 10 Februari 2024 | 17:29 WIB
header img
Relawan Jatim Beragam usai menggelar diskusi bersama peternak kambing. (Foto: Istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Relawan Jawa Timur Bersama Ganjar-Mahfud (Jatim Beragam) Cabang Mojokerto Raya menggelar diskusi bersama peternak kambing. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian pasangan Ganjar-Mahfud melalui Relawan Jatim Beragam di bidang peternakan khusunya pegiat ternak kambing. 

Tentunya tak lupa juga Tim Jatim Beragam memaparkan program KTP Sakti dan beberapa program unggulan lainnya. Kali ini sasaran kegiatan tersebut digelar di salah satu kendang milik Mas Rudi (SBL Farm), Desa Selotapak, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat (09/02/2024).

“Ini merupakan momentum yang tepat untuk masyarakat, khususnya para peternak kambing yang nyatanya belum di sentuh oleh pemerintah. 21 program unggulan menjadi perhatian para peternak kambing demi kelangsungan ternak kambing mereka”, ucap Pemapar Program dari Tim Jatim Beragam Mojokerto Raya, Guntur Jagad Kurniawan, usai diskusi bersama peternak kambing.

Dalam kesempatan tersebut, tim relawan Jatim Beragam juga tak lupa untuk menyerap aspirasi dan keluhan berbagai peternak kambing. Mereka merasa peternak kambing kurang disentuh langsung oleh pemerintah pusat padahal mereka merasa memiliki potensi lebih dalam bidang peternakan khususnya kambing.

“Peternak kambing pada hari ini mengeluhkan sulitnya mengeluarkan perizinan, sulitnya mendapatkan modal, dan sulitnya memasarkan produk susu yang berpotensi ke lingkup pasar yang lebih luas. Poin demi poin program unggulan Ganjar-Mahfud yang sudah dipaparkan harapannya dapat menjadi jawaban atas keluhan tersebut,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Pembina Peternak Kambing Se-Kecamatan Trawas yakni Ghafur. Ia memaparkan serta memberi beberapa solusi kepada peternak kambing terkait dinamika yang sedang dihadapi para peternak kambing di Kecamatan Trawas.
 
“Regulasi perzinan menjadi penting sebab peternak butuh standarisasi seperti kebersihan kandang, alat pemeras susu kambing yang steril, hingga pengolahan susu kambing (kadar air, suhu, bakteri, dsb)," ungkapnya. 

Ia juga menyebut bahwa hilirisasi menjadi hal yang penting bagi peternak kambing. Pembuatan KUD dinilai menjadi langkah ideal agar para peternak kambing dapat menjangkau pasar yang lebih luas. 

"Hilirisasi juga menjadi penting bagi peternak kambing seperti penerapan media digital untuk produk susu kambing hingga pentingnya pembuatan KUD untuk mengakomodir hasil panen susu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Poin-poin tersebut harus diperhatikan oleh pihak pemerintah, dan peran pemuda juga tak kalah penting dalam penerapan hingga mencapai sebuah tujuan daripada peternak kambing tersebut,” imbuh Ghafur.

Puluhan bingkisan sembako juga turut dibagikan kepada pelaku ternak kambing. Mereka sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut, dan mereka yakin bahwa pasangan Ganjar-Mahfud dapat memenangkan gelaran pesta demokrasi kali ini.

“Peternak kambing seluruhnya berharap Pak Ganjar-Mahfud menjadi Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024-2029. Agar aspirasi yang sudah kami sampaikan kepada rekan relawan dapat dijadikan pertimbangan atau bahkan menjadi program khusus sehingga peternak kambing dapat segera di lirik oleh pemerintah pusat,” ujar salah satu peternak kambing di akhir diskusi.

Momentum penting tersebut bertujuan untuk membangun antusiasme dan semangat masyarakat dalam mendukung pasangan Ganjar-Mahfud dengan harapan nantinya dapat membawa pasangan Ganjar-Mahfud meraih kemenangan pada pemilu yang akan digelar pada 14 Feburari mendatang.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut