get app
inews
Aa Read Next : Perang Israel-Hamas, Presiden Jokowi Minta Menlu Segera Ambil Langkah Amankan WNI

Kabar Gembira Bagi ASN, Kenaikan Gaji Akan Disampaikan Presiden Jokowi Pada Tanggal Ini

Senin, 22 Juli 2024 | 19:21 WIB
header img
Presiden Joko Widodo akan sampaikan kenaikan gaji ASN untuk tahun 2025 pada tanggal 16 Agustus 2024. Foto: Ilustrasi/Pinterst

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengumumkan kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN) untuk 2025. Pengumuman kenaikan gaji ini rencananya akan disampaikan pada 16 Agustus 2024 mendatang. 

Menurut Direktur Jenderal Anggaran (Dirjen Anggaran) Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, pihaknya sedang mengkaji penyesuaian bentuk kenaikan gaji pokok tersebut. Ada beberapa mekanisme yang akan dirubah terkait masalah kenaikan gaji ini. 

"Ada yang kalau kita menaikkan gaji pokoknya bisa, menyesuaikan perbaikan tunjangan kinerjanya bisa, atau memberikan insentif lain juga bisa. Kira tunggu 16 Agustus aja pasti disampaikan," tutur Isa saat ditemui di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Isa menjelaskan, mekanisme kenaikannya bisa melalui peningkatan gaji pokok, perbaikan besaran tunjangan kinerja atau tukin, atau adanya opsi pemberian insentif tambahan. Adapun, kenaikan gaji PNS akan disesuaikan dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Diketahui dokumen KEM-PPKF 2025 telah diperbarui di mana salah satu arah kebijakan fiskal tahun depan adalah restrukturisasi belanja pegawai.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut