get app
inews
Aa Read Next : Ini Tips Aman Berada di Dalam Mobil saat Terjadi Gempa Bumi

Korban Jiwa Gempa Turki Capai 11 Ribu, RI Siapkan Bantuan

Kamis, 09 Februari 2023 | 10:33 WIB
header img
Turki selatan diguncang gempa bumi dahsyat magnitudo 7,9, Senin (6/2/2023) pagi. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memberikan bantuan kemanusiaan terhadap gempa Turki dan Suriah yang saat ini telah menewaskan lebih dari 11 ribu orang. Koordinasi bantuan akan diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, usai mendapat instruksi dari presiden, dirinya langsung mengadakan Rapat Tingkat Menteri (RTM) terkait rencana percepatan pengiriman bantuan. 

“Saya tadi baru menghadap Presiden tentang rencana pemerintah untuk memberikan bantuan di Turki dan Suriah. Intinya Presiden memberikan perintah kepada Menko PMK untuk mengoordinasikan bantuan ke Turki dan Suriah secepat mungkin,” ujar Muhadjir dalam keterangan resminya, Rabu (8/2/2023).

Muhadjir mengungkapkan, Pemerintah RI akan mengutamakan pemberian bantuan berupa Tim Emergency Medical Team (EMT) dan Tim Middle Urban Search and Rescue (MUSAR). Selain itu pihaknya juga akan memberikan dukungan logistik peralatan dan kebutuhan dasar masyarakat pascabencana. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto menyampaikan bahwa pembiayaan pemberian bantuan kepada Turki dan Suriah dapat menggunakan dana siap pakai. Pihaknya memprioritaskan bantuan seperti selimut yang dapat membantu para korban bencana menghadapi suhu dingin yang mencapai minus 9 derajat Celcius. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut