Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Adakan Sarasehan Di Surabaya, Ini Tujuannya

Trisna Eka Adhitya
Suasana sarasehan Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (Foto: Trisna Eka Adhitya)

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - HUT Republik Indonesia ke-79 yang mengangkat tema besar "Nusantara Baru, Indonesia Maju" mengandung makna jika Indonesia membutuhkan semangat baru dengan kesatuan dan kesetaraan untuk mencapai tujuan negara.

Merespon hal tersebut, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan sarasehan nasional Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada 19 hingga 22 Agustus 2024 di Hotel Wyndham, Surabaya, Jawa Timur.

Sebanyak 275 peserta dari organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan YME, Generasi Muda Penghayat Kepercayaan (Gema Pakti), Perempuan Penghayat Kepercayaan (Puan Hayati), Kementerian/Lembaga terkait, organisasi masyarakat sipil, dan perguruan tinggi untuk bersama-sama berdiskusi dan merumuskan peran yang dapat dilakukan Penghayat Kepercayaan untuk mengisi kemerdekaan dan mendukung pembangunan nasional.

Mengangkat tema "Transformasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk Meningkatkan Ketahanan Sosial, Budaya, dan Ekologi secara Berkelanjutan" Sarasehan ini dilakukan untuk mengoptimalkan layanan pemenuhan hak penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan meneguhkan komitmen penghayat untuk berperan dalam pembangunan berkelanjutan.

Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME, Sjamsul Hadi menjelaskan bahwa pemerintah telah melakukan serangkaian program kegiatan dan menerbitkan berbagai produk hukum yang mendorong pemenuhan hak penghayat kepercayaan. Titik beratnya saat ini adalah pada implementasinya dan sejauh mana Penghayat mengoptimalkan regulasi dan layanan yang tersedia.

Di sisi lain, hidup dalam keberagaman masyarakat, perkembangan teknologi, pembangunan dan industrialisasi yang pesat hingga perubahan lingkungan menjadi tantangan yang tidak terhindarkan bagi penghayat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network