Elon Musk Tutup Kantor X di Brasil, Ini Sebabnya

Trisna Eka Adhitya
Elon Musk resmi menutup kantor operasional X atau Twitter di Brasil(Foto: iNews, Reuters)

BRASILIA, iNewsMojokerto.id - Elon Musk memutuskan untuk menutup kantor operasi media sosial X di Brasil. Keputusan ini akibat adanya sengketa hukum antara X dan pemerintah setempat terkait hak dan tanggung jawab platform yang sebelumnya bernama Twitter itu. 

Meski menutup kantor operasinya, X tetap akan tersedia bagi pengguna di Brasil. Penutupan kantor di Brasil merupakan puncak dari pertikaian hukum yang melibatkan Elon Musk dan Hakim Mahkamah Agung Brasil, Alexandre de Moraes yang mengaku berusaha melawan penyebaran disinformasi berbahaya secara daring. 

Sebuah unggahan dari Departemen Urusan Pemerintahan Global X pada Sabtu menyatakan bahwa Moraes telah mengancam perwakilan hukum X di Brasil. Ancaman itu berupa penangkapan jika X tidak mematuhi perintah penyensoran yang dikeluarkan sang hakim.

Dikatakan bahwa penutupan kantor tersebut diperlukan untuk melindungi keselamatan para staf X. "Tanggung jawab sepenuhnya berada di tangan Alexandre de Moraes," bunyi pernyataan Departemen Urusan Pemerintahan Global X.

Moraes sebelumnya telah memerintahkan penangguhan beberapa akun Twitter yang diduga menyebarkan hoaks alias disinformasi. Salah satunya adalah akun pendukung mantan presiden sayap kanan Jair Bolsonaro, yang mencoba merendahkan kredibilitas hasil pemungutan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Brasil 2022, yang membuatnya kalah.

"Kebebasan berekspresi bukan berarti kebebasan untuk melakukan penyerangan. Itu tidak berarti kebebasan untuk membela tirani," kata Moraes.

Moraes telah memelopori pertempuran melawan penyebaran disinformasi alias berita bohong di negara terbesar di Amerika Selatan itu. Dia memimpin Mahakamah Pemilihan Umum Brasil (TSE), dan tahun lalu pengadilan tersebut menyatakan Bolsonaro tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden. 

Dia mengatakan bahwa Bolsonaro telah menyebarkan informasi palsu tentang sistem pemilihan di Brasil.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network