get app
inews
Aa Read Next : Seorang Ibu Rumah Tangga di Mojokerto Harus Menahan Rasa Sakit Akibat Penyakit Kaki Gajah

Waspada Batu Ginjal, Siloam Hospitals Surabaya Edukasi Penanganannya

Jum'at, 27 Mei 2022 | 20:04 WIB
header img
Bincang Sehat waspada batu ginjal Siloam Hospitals. (Foto: M. Arul)

SURABAYA, iNews.id - Waspada, Batu pada Saluran Kemih' merupakan tajuk edukasi bincang sehat yang disajikan manajemen Siloam Hospitals Surabaya melalui platform Zoom yang diikuti lebih dari 60 viewer.

Dalam edukasi tersebut, Dokter Spesialis Urologi, Dian Paramita Oktaviani Soetojo mengatakan bahwa keberadaan Batu pada saluran kemih di Indonesia merupakan kasus atau keluhan terbanyak di bidang urologi.

"Umumnya kasus atau keluhan tersebut terjadi pada masyarakat berusia 30 hingga 50 tahun, dan tidak menutup kemungkinan batu saluran kemih ini dapat terjadi pada anak-anak, remaja maupun orang tua", tutur Dian Paramita. 
 
Secara pengetahuan umum medis, pada hakekatnya, batu pada saluran kemih adalah batu yang berada di saluran kemih baik itu di ginjal, ureter , kandung kemih maupun uretra (Sistem Saluran kemih manusia). Zat Garam dan mineral lain yang 'menempel' membentuk seperti batu ukuran kecil atau kerikil dan belum menimbulkan rasa sakit ketika tetap atau masih berada di ginjal. 

"Namun, apabila batu makin membesar akan menyebabkan nyeri yang amat sangat bahkan dapat menghalangi aliran  urine sehingga menimbulkan sumbatan di saluran kemih ureter," ungkap Dian Paramita,  Dokter Spesialis urologi yang berpraktek tetap di Rumah sakit yang berlokasi di Raya Gubeng Kota Surabaya, Jawa Timur.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut