get app
inews
Aa Read Next : Malaysia Disemprot AS Karena Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Gaza, Mahathir Mohamad Balik Sindir

AS Tetapkan Cacar Monyet Keadaan Darurat,  Gay Paling Banyak Terinfeksi

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 08:54 WIB
header img
Xavier Becerra umumkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan di AS (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) menyatakan penyakit cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat, Kamis (4/8/2022). Pemerintah pun meminta masyarakat untuk menganggap cacar monyet menjadi penyakit yang serius. 

"Kami bersiap menerapkan tanggapan ke level berikutnya dalam memerangi virus ini. Kami mendesak setiap warga AS untuk menganggap cacar monyet secara serius," kata Menteri Kesehatan AS Xavier Becerra, dikutip dari Reuters, Jumat (5/8/2022). 

Berdasarkan data hingga Rabu, jumlah kasus cacar monyet yang terkonfirmasi di AS adalah 6.600 orang. Hampir semua kasus infeksi tersebut melibatkan pasangan gay.

WHO pada bulan lalu mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, tingkat kewaspadaan tertinggi setara dengan Covid-19. Penerapan status ini bertujuan menciptakan dan meningkatkan respons internasional yang terkoordinasi serta membuka keran pendanaan untuk pengadaan vaksin dan perawatan.

Di kesempatan berbeda, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Rochelle Walensky mengatakan, status darurat bisa meningkatkan ketersediaan data seputar infeksi cacar monyet sebagai upaya untuk melakukan respons. Pemerintah AS berada di bawah tekanan untuk penanganan wabah tersebut.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut