get app
inews
Aa Read Next : Kemacetan Panjang di Mojoagung dari Arah Surabaya menuju Jombang pada H-2 Pasca Lebaran

Optimalkan Pengelolaan Keuangan Jadi Kunci Pendidikan Berkualitas, Ini Terobosan Unik Dindik Jatim

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:31 WIB
header img
Dindik Jatim Optimalkan Pengelolaan Keuangan. Foto iNewsMojokerto/ist

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Langkah maju untuk meningkatkan standar pendidikan, Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) telah melebarkan jangkauannya. Tak hanya terfokus pada penyempurnaan kurikulum, namun juga menyongsong pengelolaan keuangan dengan teliti. Pada tahun 2024, sektor pendidikan menorehkan prestasi cemerlang dengan memperoleh alokasi anggaran sebesar 26 persen dari APBD Pemprov Jatim, yang mencapai jumlah fantastis, Rp8,9 Triliun.

Dalam upaya mengefisiensikan manajemen keuangan, Dindik Jatim telah menggelar kegiatan "Bijak Pengelolaan Keuangan Pemda untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Prestasi Siswa", dengan menghadirkan pakar terkemuka dalam bidangnya, Dr Drs H.A Fatoni, M.Si., GRCE, dari Dirjen Keuangan Daerah Kemdagri.

Fatoni menekankan bahwa kunci utama dalam meningkatkan kinerja adalah manajemen keuangan yang efektif, termasuk pengelolaan anggaran dan evaluasi kinerja. Dindik Jatim telah mengambil langkah konkret untuk meningkatkan efisiensi dalam hal tersebut.

"Untuk mencapai tingkat realisasi yang optimal, diperlukan pengetahuan yang cukup dan komitmen motivasi yang tinggi. Hari ini, kami berusaha menyampaikan pemahaman tentang kapasitas agar kinerja menjadi lebih baik, dengan harapan serapan anggaran dan hasilnya meningkat," ujar Fatoni.

Dia juga menggarisbawahi beberapa masalah umum dalam pengelolaan keuangan pendidikan, termasuk rendahnya tingkat realisasi anggaran dan keterlambatan penetapan dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Namun, solusi sudah tersedia, seperti lelang dini dengan menggunakan E-katalog.

"Ini adalah hal yang harus dipelajari, jika semua dapat dikuasai dan dipahami, pengelolaan anggaran akan menjadi lebih optimal," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut