get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Ronggolawe, Pahlawan atau Pemberontak Majapahit?

Senin, 19 Juni 2023 | 10:10 WIB
header img
Ronggolawe dalam sejarah Majapahit. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Nama Ronggolawe atau Ranggalawe sangat penting dalam sejarah Kerajaan Majapahit. Putra Sumenep yang menjabat sebagai Bupati Tuban ini menempati ruang tersendiri dalam perjalanan kerajaan terbesar di Nusantara tersebut.

Kerajaan Majapahit yang berdiri sekitar abad 13 dapat disebut "berhutang" kepada Ronggolawe. Pasalnya, putra Arya Wiraraja Bupati Sumenep ini tercatat banyak membantu Prabu Wijaya dalam masa perjuangan awalnya mendirikan kerajaan.

Salah satu catatan paling penting adalah peran Ranggalawe dalam pembabatan Hutan Tarik, lokasi cikal bakal Majapahit. Sekitar 1292 M, Ranggalawe disebut turut serta dalam pembukaan wilayah hutan yang disinyalir kuat berada di wilayah Sidoarjo sekarang.

Ronggolawe diutus oleh ayahnya untuk membantu membuka Hutan Tarik yang dijadikan dalih sebagai basis perlawanan tentara Mongol. Aksi ini sebenarnya merupakan bagian dari skema besar rencana Prabu Wijaya dan Arya Wiraraja untuk mengalahkan Jayakatwang, penguasa Kadiri saat itu.

Tidak berhenti sampai di situ. Peran Ronggolawe juga disebut dalam Medan laga pertempuran langsung antara pasukan awal Majapahit dengan Kadiri.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut