get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Situs Bhre Kahuripan, Temuan Mata Tombak Hingga Pagar Kompleks Elit Majapahit

Senin, 07 Agustus 2023 | 09:33 WIB
header img
Situs Bhre Kahuripan tengah diekskavasi dengan temuan struktur yang diduga pagar kompleks elit Majapahit. (Foto: BPK Wilayah XI)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Program ekskavasi Situs Bhre Kahuripan terus berbagi kabar gembira. Temuan-temuan terbaru di lokasi memberi berbagai informasi anyar terkait sejarah Majapahit.

Situs Bhre Kahuripan yang terletak di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto kini tengah menjadi sorotan. Program yang dirancang untuk dilaksanakan di empat sektor atau titik ekskavasi diyakini akan memberi temuan besar.

Dilaporkan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI, ada sejumlah temuan baru yang amat penting dalam progres ekskavasi yang belum berjalan lama ini.

Pada salah satu sektor lokasi, yaitu lapangan sepak bola, tim berhasil menemukan struktur bata tebal. Setelah penggalian bertahap, bentuk bangunan telah cukup jelas mempertegas struktur bata tersebut.

Tim ekskavasi menduga struktur tersebut merupakan pagar pembatas keruangan dari kompleks elit masa Majapahit. Temuan ini tentu merupakan temuan besar bagi perkembangan studi arkeologi Majapahit.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut