get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Arca Suhita atau Parwati, Misteri Patung Dewi dari Tulungagung 

Senin, 31 Juli 2023 | 09:49 WIB
header img
Arca Suhita diduga perwujudan Rani Suhita penguasa Majapahit. (Foto Kemdikbud)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id- Arca Suhita adalah sebutan untuk sebuah patung batu yang ditemukan di Jebuk, Kalangbret, Tulungagung. Arca ini kini tersimpan di ruang selasar Museum Nasional. 

Siapapun yang berkunjung ke ruang patung Museum Nasional bisa melihat langsung arca dewi yang berdiri setinggi orang dewasa ini. 

Arca itu tergolong unik, hiasan padma hampir menutupi seluruh bagian belakang tubuhnya, berbeda dengan padma arca Majapahit pada umumnya, diukirkan langsung keluar dari pot yang ada di kiri dan kanan arca.

Siapa sangka, para ahli ternyata berdebat mengenai siapa sosok di balik arca berbahan andesit itu. Para ahli memunculkan dua interpretasi terhadap siapa sosok yang diarcakan itu. 

Pendapat pertama jelas merujuk pada nama Rani Suhita, penguasa Majapahit yang memimpin sekitar 1429 hingga 1447 M. Dikutip dari laman Kemendikbud, Jan Fontein, R. Soekmono, dan Satyawati Suleiman mengidentifikasikan arca tersebut sebagai wujud seorang ratu berdasarkan pakaian dan perhiasan yang digunakan. 

Dilihat dari kemewahan perhiasan yang diukirkan, arca bergaya Majapahit itu merepresentasikan seorang wanita berlatar belakang kerajaan. Nama Ratu Suhita paling mungkin mengingat ia adalah sosok ratu tersohor di masa Majapahit. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut