get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Hubungan Erat Tuban dan Majapahit, Berakhir dengan Pemberontakan?

Jum'at, 16 Juni 2023 | 12:03 WIB
header img
Ilustrasi perang Majapahit. (Foto: Wikipedia)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Hubungan erat Tuban dan Majapahit merupakan bagian dari penggalan kisah awal berdirinya kerajaan Prabu Wijaya ini. Tepatnya berkaitan dengan nama Ranggalawe atau Ronggolawe, seorang putra Sumenep yang dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat Tuban hingga saat ini.

Ranggalawe merupakan putra Arya Wiraraja, Bupati Sumenep. Arya Wiraraja telah dikenal berjasa besar membantu Prabu Wijaya di masa awal pendirian Majapahit, khususnya dalam menangani serangan Mongol.

Ternyata, Ranggalawe sebagai putra sang Bupati mengemban tugas penting selama masa itu. Ksatria muda ini kerap menerima tugas langsung dari sang ayah untuk turun membantu Prabu Wijaya.

Pada tahun 1292 Ranggalawe dikirim ayahnya untuk membantu membuka Hutan Tarik. Area inilah yang di kemudian hari menjadi cikal bakal Majapahit. 

Ranggalawe juga turut serta dalam perang antara Majapahit dan Kadiri di masa awal pendirian. Konon, nama Rangga Lawe merupakan pemberian Raden Wijaya karena jasa Ranggalawe menyediakan 70 ekor kuda dari Bima sebagai kendaraan perang Raden Wijaya dan para pengikutnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut