get app
inews
Aa Read Next : Baca 3 Usulan Jitu Gayatri Rajapatni bagi Majapahit

Prajnaparamitha yang Diagungkan di Masa Majapahit, Simbol Pengetahuan dan Kebijaksanaan Sempurna

Rabu, 07 Juni 2023 | 14:16 WIB
header img
Patung wanita Budha yang disebut dengan Arca Gayatri di Candi Boyolangu. (Foto: Wikipedia)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Di antara sekian banyak figur holistik yang dipuja oleh masyarakat Majapahit, ada satu sosok yang menjadi simbol pengetahuan dan kebijaksanaan sempurna. Yang menarik dalam pembahasan sosok ini adalah figurnya digambarkan dalam wujud feminin atau figur dewi. 

Sosok yang dimaksud dikenal dengan nama Prajnaparamitha.  Di era Majapahit, Simbol Prajnaparamitha dikaitkan dengan sosok Gayatri Rajapatni, salah satu istri utama Prabu Wijaya, pendiri Majapahit.

Keterhubungan sosok Gayatri dengan Prajnaparamitha muncul dari catatan Mpu Prapanca dalam Kitab yang ditulisnya, Negarakertagama. Prapanca menyebut adanya sebuah bangunan makam (candi) yang dibangun dan dipersembahkan bagi Gayatri dan disebut dengan nama Prajnaparamithapuri. Kemungkinan bangunan yang dimaksud Prqpanca adalah Candi Boyolangu di Tulungagung. 

Siapakah sesungguhnya Prajnaparamitha? Jauh sebelum kelahiran Gayatri, nama Prajnaparamitha telah disandang oleh sosok wanita utama lain yang juga memiliki garis keluarga dengan Gayatri, dia adalah Ken Dedes. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut