get app
inews
Aa Read Next : Baca 3 Usulan Jitu Gayatri Rajapatni bagi Majapahit

Ide Nusantara Bukan Milik Gajah Mada, Ini 'Desainer' Majapahit Sesungguhnya

Senin, 05 Juni 2023 | 14:57 WIB
header img
Patung Prajnaparamita dikaitkan sebagai perlambang Gayatri, salah satu istri Raden Wijaya. (Foto: Gunawan Kartapranata)

MOJOKERTO. iNews.id - Berbicara mengenai Kerajaan Majapahit serta sejarah kebesarannya, orang akan langsung menyebut nama Gajah Mada. Namun, wacana lain yang jarang diungkap adalah keberadaan sosok lain yang berperan mendesain gagasan dasar Majapahit.

Patih Gajah Mada memang memegang peran penting sebagai pemimpin pasukan utama. Ia dikenal sebagai Mahapatih yang nasihatnya amat diperhitungkan oleh penguasa Majapahit.

Meski demikian, ada sosok lain yang jarang dibicarakan sebagai orang yang berada di balik kejayaan Majapahit. Ia adalah sang salah satu istri Prabu Wijaya, sosok yang membimbing penguasa Majapahit, Gayatri Rajapadni.

Gayatri sebagai sosok penting patut dicermati peranannya. Dalam Nagarakretagama disebutkan Gayatri mendapat penghormatan tertinggi dari Prabu Hayam Wuruk saat menggelar upacara memperingati kematian Gayatri.

Hal tersebut mestilah bukan tanpa alasan. Mengapa penguasa Majapahit ini amat menaruh hormat pada mendiang neneknya? Jawabannya adalah pada apa yang ditinggalkan Gayatri bagi para keturunannya, para penguasa Majapahit.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut