get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Majapahit dan Tanah Liat Ternyata Tak Terpisahkan

Minggu, 21 Agustus 2022 | 18:01 WIB
header img
Terakota rumah dari masa Majapahit. (Foto: Inspirasi Majapahit)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Kehidupan masyarakat Majapahit dan tanah liat seolah tidak terpisahkan. Betapa  penting keberadaan tanah liat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Majapahit barangkali tidak bisa ditemukan dalam sejarah kerajaan kuno lain di Indonesia.

Tanah liat adalah satu bukti sejarah teknologi peradaban nusantara. Produk tanah liat khas Majapahit bahkan menjadi salah sumber data utama pembacaan arkeologi terhadap kerajaan terbesar di Indonesia ini.

Dalam buku "Inspirasi Majapahit" karya Yayasan Arsari Djojohadikusumo, peran dan fungsi tanah liat bagi masyarakat Majapahit diuraikan lebih dari sekadar bahan kerajinan. Bukti-bukti peninggalan karya tanah liat ini berbicara mengenai hal yang lebih besar.

Relasi manusia dan tanah liat sebenarnya telah dimulai pada masa Neolitikum. Masa itu terjadi sekitar lebih dari 4000 tahun yang lalu.

Kemunculan tanah liat dalam kehidupan masyarakat Majapahit adalah pengaruh dari beberapa kebudayaan yang saling berinteraksi dengan kerajaan ini. Meski demikian, tanah liat berkembang menemukan peran pentingnya sendiri di kalangan masyarakat Majapahit. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut