get app
inews
Aa Read Next : Malaysia Disemprot AS Karena Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Gaza, Mahathir Mohamad Balik Sindir

AS Resesi, Ini Dampaknya Bagi Perekonomian Indonesia

Jum'at, 29 Juli 2022 | 15:53 WIB
header img
Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira (kiri) dan Direktur Riset Core Indonesia, Piter Abdullah. (Foto: dok iNews)

"Kondisi ini dapat dihindari apabila BI menaikkan suku bunga acuan mengikuti kenaikan suku bunga The Fed (Bank Sentral AS)," ujar Piter. 

Sementara itu, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, mengatakan resesi Amerika Serikat (AS) membawa tiga dampak bagi perekonomian Indonesia.  Dampak pertama adalah resesi AS membuat tekanan pada sisi permintaan ekspor produk Indonesia baik komoditas maupun produk olahan (manufaktur). 

Menurut dia, resesi yang terjadi akan membuat konsumen di AS mengurangi pembelian barang impor dan cenderung lebih banyak berhemat akibat pelemahan daya beli.  "Jadi, neraca dagang bisa melemah, sekaligus menurunkan prospek booming harga komoditas yang selama ini telah membantu pemulihan ekonomi Indonesia," kata Bhima, kepada MNC Portal Indonesia, di Jakarta.

Dampak kedua, lanjutnya, resesi AS akan mengakibatkan transmisi di pasar keuangan. Hal ini perlu dicermati karena investor akan beralih ke aset yang lebih aman untuk menghindari risiko stagflasi dan resesi di AS.  

"Aset seperti dollar AS akan di incar sebagai safe haven dan ini akan memukul stabilitas kurs rupiah," ungkap Bhima.  

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut