get app
inews
Aa Read Next : Jalan Ninja Jarwo Susanto, Dari Penggerak Prostitusi Menjadi Pahlawan Ekonomi

AS Resesi, Ini Dampaknya Bagi Perekonomian Indonesia

Jum'at, 29 Juli 2022 | 15:53 WIB
header img
Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira (kiri) dan Direktur Riset Core Indonesia, Piter Abdullah. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Adanya resesi di Amerika Serikat (AS) menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara. Akan ada dampak yang bisa dialami, khususnya dalam hal ekonomi di Indonesia

Direktur Riset Core Indonesia, Piter Abdullah, mengatakan bahwa dampak utama dari resesi AS ini adalah menurunnya demand dari yang kemudian bisa menahan bahkan menurunkan harga komoditas di pasar global. 

"Meskipun saya perkirakan tdk sampai membuat harga komoditas jatuh karena saat ini tingginya harga komoditas salah satunya disebabkan oleh kelangkaan supply sebagai dampak dari perang ukraina, jadi jika harga komoditas turun, itu bisa berpengaruh pada ekspor indonesia yg didominasi oleh ekspor komoditas," kata Piter Jumat (29/7/2022).  

Dia menjelaskan, resesi AS turut berdampak terhadap nilai tukar rupiah. Menurutnya, resesi amerika disebabkan oleh inflasi yg sangat tinggi yg kemudian direspon dengan kenaikan suku bunga acuan the fed.  

Lebih lanjut, kenaikan suku bunga the fed menyebabkan aliran modal asing global masuk ke surat berharga di AS. Termasuk dari indonesia. Keluarnya modal asing ini menyebabkan nilai tukar rupiah akan tertekan melemah.  

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut