get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Mpu Prapanca Pernah Sindir Pemerintahan Majapahit Gara-gara Hal Ini

Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:38 WIB
header img
Kakawin Nagarakretagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca (Foto: Kemendikbud)

MOJOKERTO, iNews.id - Nagarakretagama adalah sebuah mahakarya dari masa kejayaan Majapahit. Kakawin Nagarakretagama atau kadang dieja Nagarakertagama ditulis oleh Mpu Prapanca pada sekitar 1365 M. 

Dari terjemahan yang ditulis oleh Prof. Slamet Mulyana, isi secara umum kakawin Nagarakretagama adalah sebuah pujasastra, yaitu teks sastra yang berisi pujaan atau sanjungan. 

Penulisan kakawin ini ditujukan kepada raja yang saat itu tengah berkuasa di Majapahit, Sang Rajasanegara atau lebih umum dikenal dengan nama Raja Hayam Wuruk. Sanjungan dan pujian kepada raja yang termuat dalam kakawin Nagarakretagama ini memiliki nilai sastra yang tinggi. 

Selain berupa kisah kebesaran kerajaan di masa itu, nilai sastra kakawin ini juga tampak dalam bagaimana cara Mpu Prapanca menyampaikan sindiran kepada raja akan ketidakadilan yang ia temukan.

Analisis Prof. Slamet Mulyana dalam buku "Menuju Puncak Kemegahan (Sejarah Kerajaan Majapahit)" menunjukkan bagaimana cara Mpu Prapanca menyampaikan kritik secara halus. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut