Rapat Pansus Perubahan Bentuk Hukum PDAM Surya Sembada Dinamis, Ada Pemikiran Beda Dari Legislator

Trisna Eka Adhitya
Suasana rapat Pansus di Komisi B DPRD Kota Surabaya, Kamis (30/5/2024). (Foto: Trisna Eka Adhitya)

"Ini masih wacana dan masukan kawan-kawan semua anggota Komisi B, biarkan kawan-kawan mempunyai pendapat masing-masing hal yang terbaik untuk PDAM," jelasnya usai rapat. 

Anas mengungkapkan, baik perumda maupun perseroda nantinya akan berujung pada bagaimana PDAM mendapatkan keuntungan dan bermanfaat untuk hajat hidup orang banyak. 

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengungkapkan, untuk rapat selanjutnya akan menghadirkan dua ahli untuk memberikan pertimbangan mana yang terbaik, apakah perumda ataukah perseroda. 

"Rencana kita ini minggu depan akan mengundang ahlinya, biarkan ahli mempunyai pendapat yang terbaik jadi tidak satu saja ahli yang kita undang, nanti beberapa ahli juga kita undang sehingga mempunyai gambaran-gambaran dan mempunyai metrik," tuturnya. 

Dirut PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono mengungkapkan, mayoritas pansus menginginkan adanya alternatif selain perumda yang disampaikan PDAM dalam rapat. 

"Pansus meminta untuk diberikan dasar, kalau perseroda seperti apa naskah akademiknya, kalau perumda seperti apa, nanti pihak pansus akan memberikan rekomendasi mana yang terbaik," jelasnya. 

Menurutnya, dengan menjadi Perumda, secara korporasi hampir tidak memiliki perbedaan kecuali perubahan nama. Selain itu juga secara korporasi dinilai tidak akan banyak berubah jika PDAM berubah menjadi Perumda. 

Oleh karena itu, PDAM merasa keinginan Pemkot untuk menjadikan PDAM sebagai Perumda di naskah akademik yang disodorkan ke DPRD sangat masuk akal. Meskipun dengan menjadi perseroda fleksibilitas menyongsong Surabaya Raya dan potensi ekspansi bisnis PDAM kedepan dapat tercipta. 

"Sebagaimana disampaikan Pansus tadi untuk fleksibilitas kedepan menyongsong Surabaya Raya kemudian potensi-potensi untuk mengekspansi bisnis PDAM kedepan, meningkatkan keuntungan PDAM kedepan kalau rekomendasi 90 persen kedepan (menghendaki perseroda) kecuali satu anggota tadi," urainya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network