Hiu Paus Terdampar di Jembrana, Dikubur KKP

Trisna Eka Adhitya
Hiu Paus seberat 1 ton ditemukan terdampar di Kabupaten Jembrana. (Foto: istimewa)

JEMBRANA, iNewsMojokerto.id - Sebuah hiu paus berukuran besar dengan berat mencapai 1 ton, panjang 8,27 meter, dan lebar 4,1 meter ditemukan mati terdampar di Pesisir Pantai Banjar Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Hewan mamalia yang dilindungi ini kemudian dikuburkan di sekitar lokasi penemuan. Proses penguburan dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar.

“Tim Respons Cepat BPSPL Denpasar telah berkoordinasi dengan instansi setempat untuk  menangani hiu paus ini,” ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/10/2023).  

Victor menjelaskan bahwa hiu paus adalah biota laut yang mendapatkan perlindungan penuh berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, serta Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus. Oleh karena itu, segala bentuk pemanfaatan yang bersifat ekstraktif terhadap Hiu Paus, termasuk pemanfaatan bagian-bagian tubuhnya, dilarang secara hukum.

"Melihat kondisi dan besarnya, tim kami harus segera melakukan tindakan sesuai SOP yang berlaku," ujarnya.  

Kepala BPSPL Denpasar, Getreda Melsina Hehanussa, menjelaskan bahwa hiu paus yang terdampar adalah jenis Hiu Paus atau Paus Macan (Rhincodon typus) berkelamin jantan. Bangkai ikan ini ditemukan oleh nelayan setempat dan dilaporkan ke Polres Pekutatan Jembrana.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network