Hiu Paus Terdampar di Jembrana, Dikubur KKP

Trisna Eka Adhitya
Hiu Paus seberat 1 ton ditemukan terdampar di Kabupaten Jembrana. (Foto: istimewa)

"Hasil identifikasi menunjukkan Hiu Paus panjang totalnya 8,27 meter, lebar 4,1 meter dan beratnya diperkirakan kurang lebih satu ton serta tidak ditemukan luka. Sedangkan titik koordinat lokasi terdampar -8,4369443, 114,8419996. Kondisi ikan juga utuh tanpa luka tusuk ataupun goresan," papar Getreda.  

Getreda menyatakan bahwa mereka telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk menentukan penanganan bangkai hiu paus ini. Karena kondisi lokasi terdampar berpasir dan landai, maka metode penguburan menggunakan alat berat dianggap sebagai pilihan yang tepat.

Penguburan akhirnya selesai dilakukan sekitar pukul 15.30 WITA, dengan partisipasi Polairud Polres Jembrana, Pemerintah Daerah setempat, dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Mereka menandatangani Berita Acara Penanganan Hiu Paus Terdampar No.BAP 3944/BPSPL.4/PRL.420/IX/2023.

“Penyebab kematian hiu paus yang terdampar ini belum dapat dipastikan dan menunggu hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Tim dari JAAN (Jakarta Animal Aid Network),” pungkasnya. 

Hiu Paus (Rhincodon typus) termasuk dalam jenis ikan yang terdaftar dalam Appendix II Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) dan masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) dengan status endangered (EN).

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network