Ridwan Kamil Ungguli Anies dan Prabowo dalam Survei CiGMark

Nanda Alifya Rahmah
Ridwan Kamil unggul dalam survei CiGMark untuk Capres 2024 .(Foto: Humas Pemprov Jabar)

35,3 persen masyarakat Jawa Barat menilai Ridwan Kamil sangat pantas menjadi presiden. Sementara itu, Prabowo mendapat dukungan 18,4 persen. Anies berada di posisi ketiga dengan dukungan 15 persen. 

Bila digabung dengan masyarakat yang menilai Ridwan Kamil cukup pantas menjadi presiden berikutnya, persentase dukungan terhadap mantan wali kota Bandung itu mencapai angka 91,7 persen. Prabowo mendapat dukungan 73,9 persen, dan Anies didukung oleh 69,2 persen.

Ketika diberi pertanyaan terbuka, masyarakat Jawa Barat mayoritas memilih Ridwan Kamil untuk menjadi presiden. Prabowo berada di posisi kedua, Anies di posisi ketiga, dan Ganjar Pranowo di posisi keempat. 

”Untuk konteks pilpres di wilayah Jawa Barat. Berdasarkan pertanyaan terbuka, RK sebagai Gubernur Jawa Barat berada pada posisi teratas di antara nama-nama lainnya yang mengemuka,” tambah Panca.

Bahkan nama Ridwan unggul pula saat pertanyaan survei masuk ke wilayah wakil presiden (wapres). Hasil yang hampir sama diperoleh saat masyarakat Jawa Barat dihadapkan pada nama-nama besar yang berpotensi menjadi wapres.

”Untuk posisi wapres, berdasarkan pertanyaan terbuka, RK tetap yang tertinggi, bahkan  lebih tinggi apabila dibandingkan dengan dukungan berdasarkan pertanyaan terbuka untuk posisi presiden,” ujar Panca Pratama.

Hasil Survei CiGMark kali ini dilakukan dengan metode multistage random sampling. Jumlah total responden yang ditanyai dalam survei tersebut sebanyak 825 orang. Dengan margin of error pada angka 3,48 persen. 

Survei ini pun dilakukan dengan metode yang khusus untuk menjaga kualitas hasil survei. Selain proses wawancara dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi melalui kuesioner elektronik (CAPI), dilakukan pula monitoring dan spotcheck terhadap 20% PSU.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network