get app
inews
Aa Read Next : Pelatih Timnas Indonesia Terkejut dengan Fasilitas Mewah dari PSSI, Mobil dengan Lampu Strobo!

Gara-gara Pamer Senjata, Korea Utara Siap Serang Korea Selatan

Selasa, 05 April 2022 | 17:11 WIB
header img
Kim Yo Jong respon keras pernyataan Menhan Korea Selatan Suh Wok. (Foto: reuters)

PYONGYANG, iNews.id – Gara-gara pernyataan Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Wook yang memamerkan senjatanya mampu untuk menghancurkan target secara akurat di Korea Utara, hubungan kedua Korea memanas. Korea Utara menyatakan bahwa mereka tak akan segan menggunakan senjata nuklirnya jika Korea Selatan melakukan serangan yang membahayakan. 

Hal itu diungkapkan adik perempuan pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Yo Jong, Selasa (5/4/2022). Dalam pernyataannya pada Selasa ini, Kim mengatakan Pyongyang menentang perang yang akan membuat Semenanjung Korea hancur.  Pyongyang juga tidak memandang Korea Selatan sebagai musuh utamanya.

“Tetapi jika Korea Selatan, untuk alasan apa pun—apakah dia dibutakan oleh salah penilaian atau tidak—memilih tindakan militer seperti ‘serangan pendahuluan’ seperti yang digembar-gemborkan (oleh Suh Wook), situasinya akan berubah. Jika itu yang terjadi, Korea Selatan sendiri yang akan menjadi target,” kata Kim Yo Jong, seperti dilaporkan kantor berita KCNA.

Adik perempuan Kim Jong Un itu memperingatkan, jika militer Korsel berani melanggar bahkan satu inci saja wilayah Korut, Seoul akan menghadapi bencana mengerikan yang tak terbayangkan. “Kekuatan tempur nuklir Korea Utara pasti harus melaksanakan tugasnya,” kata dia. 

“Ini bukan sekadar ancaman. Ini adalah penjelasan perinci tentang reaksi kami terhadap kemungkinan aksi militer sembrono oleh Korea Selatan,” ujar pejabat senior Korut itu lagi. 

Korea Utara juga telah menguji coba berbagai rudal yang semakin kuat tahun ini. Para pejabat Korsel dan Amerika Serikat pun khawatir Pyongyang mungkin bersiap untuk melanjutkan pengujian senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017, di tengah negosiasi anti nuklir Korut yang macet.

Menteri Pertahanan Korea Selatan, Suh Wook, pada Jumat (1/4/2022) lalu mengatakan bahwa militer negaranya memiliki berbagai rudal dengan jarak tembak, akurasi, dan kekuatan yang ditingkatkan secara signifikan. Menurut dia, rudal-rudal itu punya kemampuan untuk secara akurat dan cepat mengenai target apa pun di Korea Utara. Tak pelak, pernyataan Suh Wook itu menuai reaksi keras dari Pyongyang. Kim Yo Jong menilai  sikap menteri Korsel tersebut adalah kesalahan yang sangat besar.

Pada Minggu (3/4/2022), Kim dan sejumlah pejabat Korea Utara lainnya mengutuk pernyataan Suh Wook itu. Mereka memperingatkan bahwa Pyongyang akan menghancurkan target utama di Seoul jika Korsel berani mengambil “tindakan militer berbahaya” semisal serangan pendahuluan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut