get app
inews
Aa Read Next : Jejak Sang Proklamator Semakin Terasa Setelah Pemkot Rubah Nama Jalan Ini Jadi Ir. Soekarno

Pemkab Sumenep Gelar Puluhan Acara Peringati Bulan Bung Karno, Ini Jadwal Kegiatannya

Sabtu, 01 Juni 2024 | 11:01 WIB
header img
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo. (Foto: Lukman Hakim)

SUMENEP, iNewsMojokerto.id - Bulan Juni 2023 diperingati sebagai Bulan Bung Karno di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim). Berbagai kegiatan digelar untuk mengenang jasa-jasa Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila.

Selain acara tradisional seperti Parade Musik Tong-tong, penampilan tari Gambuh, Pemkab Sumenep juga menggelar kegiatan untuk anak-anak dan generasi muda seperti lomba baca puisi serta menggambar sketsa Bung Karno.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, acara peringatan Bulan Bung Karno pada tahun 2024 dipastikan akan lebih meriah. Puluhan kegiatan akan digelar untuk menghormati jasa pahlawan Proklamator tersebut. “Bulan Bung Karno mengingatkan masyarakat. Tanggal 1 juni lahirnya Pancasila, tanggal 6 lahirnya Bung Karno dan tanggal 21 wafatnya Bung Karno. Karena itu kami adakan kegiatan baik keagamaan, budaya dan jadi satu,” katanya, Sabtu (1/5/2024).

Pria yang akrab dipanggil Cak Fauzi itu menjelaskan, pihaknya sengaja menggelar lomba itu agar lebih meriah.  Agar masyarakat dan generasi muda semakin paham dan menerapkan nilai-nilai yang diajarkan Bung Karno. Menurut dia, generasi milenial harus memahami semangat dan patriotisme yang selalu diajarkan Bung Karno, untuk menjaga nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan bernegara.

“Bung Karno salah satu Proklamator di Indonesia, karena itu kita harus mengajarkan masyarakat nilai yang diajarkan Bung Karno. Beliau kalau pidato berapi api. Untuk perlombaan yang digelar diantaranya adalah baca puisi dan menggambar sketsa bung Karno,” tegas pria yang digadang-gadang akan maju dalam Pilgub Jatim tersebut.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut