get app
inews
Aa Read Next : Lumayan, Ini Penghitungan THR Idul Fitri PNS dan TNI/Polri Sesuai Golongan

Aparatur Pemerintahan di Jatim Lebih Berpotensi Kena Penyakit Jantung

Sabtu, 30 September 2023 | 06:49 WIB
header img
Ilustrasi Aparatur negara di Jatim berpotensi menderita penyakit jantung. (Foto: The Heart Foundation)

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Prevalensi penderita penyakit jantung tertinggi di Jawa Timur (Jatim) terdapat pada aparat pemerintahan, yaitu PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMD. Prevalensi mencapai 2,7 persen. 

Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, prevalensi penyakit jantung lebih tinggi pada perempuan (1,6 persen) dibandingkan pada laki-laki (1,3 persen). 

"Ini harus kita tekan agar kasus tidak semakin meningkat," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertepatan dengan peringatan Hari Jantung Sedunia pada Jumat (29/9/2023). 

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Di Jawa Timur (Jatim) angka prevalensi penyakit mematikan itu mencapai 1,5 persen berdasarkan riset kesehatan dasar (riskesdas).  

Sedangkan di Indonesia, kematian akibat penyakit kardiovaskular ini mencapai 651.481 penduduk per tahun. Terdiri atas stroke 331.349 kematian, penyakit jantung koroner 245.343 kematian, penyakit jantung hipertensi 50.620 kematian, dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut