get app
inews
Aa Read Next : Pemasok Sabu-sabu ke Sopir Truk Gandeng yang Kecelakaan di Jombang Akhirnya Dibekuk di Lumajang

Isi Perjanjian Prabu Wijaya Memberi Lumajang kepada Penguasa Madura

Rabu, 12 Juli 2023 | 09:54 WIB
header img
Situs Biting, bukti keberadaan Kerajaan Lamajang di masa Majapahit. (Foto: Kemendikbud)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Wilayah yang kini dikenal dengan nama Lumajang dulunya merupakan bagian penting dari Kerajaan Majapahit. Lumajang atau yang dulu dikenal dengan ejaan Lamajang tidak dapat disisihkan dari kisah awal kejayaan Majapahit.

Lamajang adalah hasil pembagian wilayah kerajaan Majapahit yang dilakukan Prabu Wijaya setelah pengangkatannya sebagai raja. Lamajang dapat disebut sebagai hadiah terima kasih Sang Prabu kepada Arya Wiraraja, penguasa Madura di Sumenep. 

Arya Wiraraja merupakan sosok yang membantu perjuangan Prabu Wijaya sewaktu mendirikan kerajaan. Khususnya dalam masa melumpuhkan Kadiri dan pasukan Tartar. 

Prabu Wijaya menjanjikan kepada Arya Wiraraja sebagian wilayah Majapahit jika nanti usaha-usahanya menemu hasil. Hal ini ia lakukan sebagai ungkapan rasa terima kasih sebab sedemikian besarnya bantuan yang diberikan Arya Wiraraja.

Perjanjian tersebut kini dapat ditelusuri lewat catatan naskah Pararaton. Dalam kitab ini terdapat ilustrasi dialog Prabu Wijaya dan Arya Wiraraja yang berbunyi sebagai berikut:

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut