get app
inews
Aa Read Next : Ini Tips Aman Berada di Dalam Mobil saat Terjadi Gempa Bumi

Terus Meningkat, Jumlah Korban Tewas Gempa Turki Tembus 17.000 Jiwa

Jum'at, 10 Februari 2023 | 17:56 WIB
header img
Jumlah korban tewas Gempa Turki mencapai lebih dari 17.000 orang. (Foto: iNews, reuters)

ANKARA, iNewsMojokerto.id - Jumlah korban tewas gempa Turki yang terjadi pada pada Senin (16/2/2023) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Kementrian Kesehatan, hingga Jumat (10/2/2023) pagi, jumlah korban tewas tembus 17.000 jiwa. 

Selain 17.406 korban jiwa, gempa yang mengguncang dengan magnitudo 7,8 pada pagi hari dan M7,7 pada siang menjelang sore juga mengakibatkan 71.866 orang lainnya mengalami luka. Jumlah ini tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan operasi penyelamatan yang dilakukan petugas. 

Gempa pertama menimbulkan kerusakan sangat parah, kemudian gempa kedua, dengan titik pusat masih di provinsi yang sama, Kahramanmaras, semakin memperparah kondisi.  Selain itu Turki masih diguncang gempa susulan, dua yang terkuat di Provinsi Gaziantep dengan kekuatan masing-masing M6,4 dan 6,5.

Sementara itu di Suriah korban tewas telah menembus 3.100 orang, dengan perincian 1.347 orang berada di wilayah yang dikuasai pemerintahan Bashar Al Assad dan 1.800 lebih berada di wilayah dikuasai pemberontak. Dengan demikian jumlah total korban tewas gempa Turki telah menembus 21.000 orang hingga Jumat pagi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, saat mengunjungi Hatay, salah satu wilayah terdampak gempa, pada Rabu lalu mengatakan, tidak ada yang siap menghadapi bencana sebesar ini. Dia menegaskan pemerintah tidak akan membiarkan warganya menderita. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut