get app
inews
Aa Read Next : Pendaki Gunung di Mojokerto Mending Fokus Puasa Saja, Ini Sebabnya

Gempa M5 Guncang Sukabumi, BMKG Lacak Penyebabnya

Selasa, 06 Juni 2023 | 16:09 WIB
header img
BMKG ungkap penyebab gempa bumi yang terjadi di Sukabumi sore ini. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Gempa bumi berkekuatan M5 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (6/6/2023) pukul 14.23 WIB. Hasil analisis BMKG pun mengungkap penyebab gempa yang berada koordinat 7,92° LS ; 107,03° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 111 km Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 48 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya menyatakan, penyebab gempa ini lantaran adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia,” katanya.

Daryono juga menyampaikan, bahwa gempa ini tidak menunjukkan potensi terjadinya tsunami dan belum menunjukkan adanya gempa susulan.  

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 14.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” ungkap Daryono. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut