get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Ternyata Ini Cara Mengidentifikasi Arca Majapahit, Bisa Dipelajari Sendiri

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:51 WIB
header img
Arca Suhita diduga perwujudan Rani Suhita penguasa Majapahit. (Sumber: Kemdikbud)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Banyak pecinta arkeologi Majapahit ternyata mempelajari cara mengidentifikasi arca secara otodidak. Semua itu didasari oleh rasa cinta pada sejarah kerajaan terbesar di Nusantara ini.

Ketertarikan terhadap dunia arkeologi tentu berkaitan dengan aktivitas mengidentifikasi benda purbakala. Para pecinta Majapahit misalnya, memiliki kepekaan untuk mengenali arca peninggalan Majapahit di antara benda arkeologi lainnya.

Literatur berupa buku dan penelitian, serta aktivitas "terjun langsung" ke lapangan umumnya mengasah kepekaan para peneliti arkeologi untuk memilah dan mengenali benda purbakala berdasarkan zamannya.

Terkait arca peninggalan Majapahit, sejumlah peneliti telah menuliskan rumusan ciri yang membedakan arca Majapahit dari arca kerajaan lain. Salah satunya adalah yang diungkapkan oleh N.J Krom.

N.J. Krom adalah seorang peneliti Belanda yang banyak menulis literatur mengenai sejarah Jawa, khususnya Majapahit. Dalam salah satu artikelnya, "De Beelden van Tjandi Rimbi" Krom merumuskan setidaknya ada 11 aksen yang dapat dipertimbangkan dalam mengidentifikasi arca Majapahit.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut