get app
inews
Aa Read Next : Situs Bhre Kahuripan, Temuan Mata Tombak Hingga Pagar Kompleks Elit Majapahit

Perhiasan Emas Dari Zaman Majapahit, Seperti Inilah Bukti Arkeologinya

Minggu, 23 Oktober 2022 | 14:18 WIB
header img
Beberapa perhiasan emas Majapahit yang pernah dipamerkan di Wereldmuseum – art Galleries, Rotterdam. (Foto: Harunata-Ra/Wordpress).

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Selain senjata berupa keris, perhiasan dari zaman Majapahit adalah salah satu peninggalan arkeologi penting. Benda-benda ini merupakan sumber informasi untuk mengetahui kehidupan masyarakat Majapahit di masa lalu. 

Perhiasan berupa emas mestinya bukan hal yang asing bagi orang-orang yang hidup di Majapahit. Sebab kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan yang makmur dan tersohor. 

Di masa itu, masyarakat tentu sudah biasa melihat para bangsawan atau pemimpin desa mengenakan berbagai atribut hiasan diri. 

Penelusuran mengenai perhiasan zaman Majapahit sudah dilakukan sejak 1976 oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Titik lokasi yang difokuskan untuk penemuan arkeologi berupa perhiasan emas adalah Trowulan, Sooko, dan daerah lain di Jawa Timur. 

Dari penggalian arkeologi di situs Trowulan para peneliti menemukan berbagai peninggalan yang merujuk pada aktivitas pembuatan emas. Salah satunya adalah penemuan Kowi. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut