get app
inews
Aa Read Next : Simulasi Pilwali Surabaya 2024: Eri-Armuji 39,7 Persen, Ahmad Dhani-Bayu Airlangga 28,2 Persen

Perankan Ir. Soekarno, Eri Cahyadi: Diulang 15 Menit Baru Lancar

Minggu, 31 Juli 2022 | 14:53 WIB
header img
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berpose memerankan Presiden Soekarno untuk film dokumenter (Foto: Istimewa)

Eri memang dipilih oleh kru film untuk memerankan sosok Presiden RI ke-1 Sukarno. Ketika di lokasi pengambilan gambar, Eri tampak santai dan percaya diri memerankan tokoh proklamator kemerdekaan RI itu. Meskipun percaya diri, dia mengaku gugup ketika proses shooting berlangsung. 

Selain memiliki kharisma yang luar biasa, menurut Eri, yang membuat gugup yakni semangat Bung Karno kala itu mengobarkan semangat untuk mengumpulkan para pejuang merebut kemerdekaan RI. 

Setelah seluruh proses shooting selesai, Eri sempat mengobrol sejenak dengan para kru film dan Komunitas Begandring Soerabaia. Saat itu, ia sempat berdiskusi membahas sejarah Sukarno dan potensi wisata di kawasan Peneleh. 

Dengan adanya pembuatan film bergenre dokumenter drama ini, Eri berharap bisa dijadikan sarana informasi sejarah, bahwa asal usul Sukarno itu dari Kota Surabaya. Diketahui, pada 6 Juni 1901 saat itu Bung Karno lahir di Jalan Pandean IV No 40 Surabaya. 

"Beliau meniti ilmu di rumah H.O.S Tjokroaminoto, bahkan dia juga sempat mempersunting putrinya Pak HOS Tjokroaminoto dan itu ada di Surabaya. Ketika film ini nanti ditampilkan, masyarakat akan tahu, bahwa semangat perjuangan kita, darah kita, adalah darah pejuang," katanya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut