get app
inews
Aa Read Next : Pakistan Jadi Negara Dengan Populasi Penganut Islam Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

8 Amalan Memasuki Bulan Muharram, Bisa Diawali Dengan Doa

Jum'at, 29 Juli 2022 | 08:48 WIB
header img
Menyambut bulan Muharram, ada banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk meraih pahala. (Foto: ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak amalan Bulan Muharram yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Muslim dalam meraih pahala. Hal ini karena Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia (haram) dalam Islam.  

Jika mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang telah dirilis, umat Islam akan mulai memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah di tahun ini pada Sabtu, 30 Juli 2002. Tanggal 30 Juli 2022 juga menjadi penetapan tahun baru Islam 1444 Hijriyah menurut kalender Islamic Global. 

Namun, bisa saja 1 Muharram bergeser pada Minggu, 31 Juli 2022 jika menggunakan metode menggenapkan bulan komariyah menjadi 30 hari.  Amalan Bulan Muharram Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam kajiannya dikutip dari laman rumah fiqih menjelaskan, dalam kitab I‘anatut Thalibin, salah satu kitab yang banyak digunakan dalam mazhab Asy-Syafi‘iyyah, pada jilid 2 hal 267, disebutkan bahwa memang banyak amalan di bulan Muharram.

Penulis kitab itu, Abu Bakar Al-Bakri (w. 1310 H)  mengutip nazham yang disusun anonim (tanpa nama pengarang) berkaitan dengan amalan di bulan Muharram itu yaitu:

صم صل زر عالما واكتحل....رأس اليتيم امسح تصدق واغتسل 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut