get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

12 Wilayah Majapahit di Bumi Jawadwipa, Dipimpin oleh Saudara Dekat Raja

Selasa, 12 Juli 2022 | 14:17 WIB
header img
Peta Majapahit. (Foto: Direktori Majapahit)

MOJOKERTO, iNews.id - Wilayah Majapahit membentang luas di area Nusantara. Keluasan wilayah kerajaan yang berdiri pada akhir abad ke-13 ini diyakini sampai ke daerah Syangka atau Siam.

Wilayah Majapahit di Indonesia sendiri membentang dari ujung utara Sumatera hingga wilayah timur seperti Maluku dan Seran (wilayah selatan Irian). Wilayah tersebut diatur dengan sistem pemerintahan khusus.

Dalam Kitab Nagarakretagama karya Mpu Prapanca, disebutkan bahwa negara-negara bawahan itu mendapat julukan sebagai 'mancanagara'. Nama itu tidak disematkan untuk wilayah Majapahit di Jawa.

Kitab Nagarakretagama juga menyebutkan bahwa wilayah Majapahit di Jawa adalah meliputi seluruh Jawadwipa. Artinya, termasuk wilayah Madura.

Perpaduan berbagai sumber naskah dan tinggalan akhirnya memberi informasi terang terkait pembagian wilayah Majapahit di Jawa. Dilansir Tim iNews dari buku "Menuju Puncak Kejayaan, Sejarah Kerajaan Majapahit" karya Prof. Slamet Mulyana, wilayah Jawa diatur dengan sistem pemerintahan terpusat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut