get app
inews
Aa Read Next : Jejak Majapahit di Tuban, Goa Suci dan Watu Gajah

Arca Harihara Raden Wijaya Paling Unik, Perwujudan 2 Dewa Utama dalam 1 Tubuh

Senin, 11 Juli 2022 | 10:08 WIB
header img
Arca Harihara perwujudan Raden Wijaya, pendiri Majapahit. (Foto: Kemendikbud)

MOJOKERTO, iNews.id - Raden Wijaya atau Prabu Kertarajasa dilambangkan perwujudannya dalam sebuah arca. Arca tersebut dikenal dengan nama arca Harihara.

Arca Harihara Raden Wijaya adalah arca unik yang ditemukan di area candi Simping, Sumberjati, Blitar, Jawa Timur. Kini arca tersebut menjadi koleksi Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Kitab Nagarakretagama karya Mpu Prapanca menyebut candi Simping adalah candi pendharmaan raja atau yang sering disebut sebagai dharma haji. Artinya di candi itulah abu Raden Wijaya didharmakan. 

Keunikan arca peninggalan Majapahit ini adalah konsep harihara itu sendiri. Dalam tradisi Hindhu, Harihara merujuk pada perwujudan Wisnu-Siwa.

Kata 'hari' merujuk pada nama Wisnu. Kata 'hara' merujuk pada nama Siwa. Perpapudan dua dewa utama ini menunjukkan seberapa tinggi penghormatan terhadap sosoknya.

Dalam tradisi Hindhu, sosok Wisnu-Siwa ini adalah dewa yang dianggap sebagai entitas Tuhan tertinggi. Sosok ini dimaknai secara filosofis sebagai satu prinsip dan "kesatuan dari semua keberadaan". 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut