get app
inews
Aa Read Next : Ini Tips Aman Berada di Dalam Mobil saat Terjadi Gempa Bumi

Gempa Afganistan Renggut 1.000 Nyawa, Beberapa Negara Akan Kirimkan Bantuan Kemanusiaan

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:39 WIB
header img
Gempa Afganistan telah menewaskan sedikitnya 1.000 nyawa. (Foto: Twitter)

WASHINGTON, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 6,1 terjadi di Afghanistan pada Rabu (22/6/2022). Sedikitnya 1.000 nyawa melayang akibat peristiwa ini. 

Beberapa negara mulai menawarkan bantuan untuk untuk pemerintahan yang dikuasai Taliban. Tak terkecuali Amerika Serikat (AS) yang akan mengirimkan bantuan untuk Afganistan. 

"Kami berkomitmen melanjutkan dukungan bagi rakyat Afghanistan, saat kami berdiri bersama mereka selama dan setelah tragedi mengerikan ini," kata Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan, melalui pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, dikutip dari Reuters, Kamis (23/6/2022). 

Sementara itu PBB berkoordinasi dengan Turki untuk mengirim tim ke Afghanistan yang akan membantu otoritas setempat menyelamatkan dan mengevakuasi korban dari reruntuhan. 

Wakil Utusan PBB di Afghanistan Ramiz Alakbarov mengatakan pihaknya tidak punya kemampuan SAR untuk gempa Afghanistan. Dalam hal ini dia menilai Turki punya kesempatan untuk mengirim sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut