Mencekam, Israel Ambil Alih Jalan Utama Rafah

Trisna Eka Adhitya
Tank Israel mulai menguasai jalan utama di Rafah. (Foto: iNews, reuters)

GAZA, iNewsMojokerto.id - Tank-tank Israel telah mengambil alih jalan utama di Rafah, pada hari Jumat (10/5/2024) dan membagi bagian timur dan barat kota tersebut. Dengan demikian, pasukan darat Israel telah efektif mengepung seluruh sisi timur kota di Jalur Gaza Selatan.

Menurut penduduk setempat, ledakan dan tembakan hampir terjadi terus-menerus di bagian timur dan timur laut Rafah pada hari Jumat. Pertempuran sengit terjadi antara pasukan Israel dan para pejuang dari Hamas dan Jihad Islam.

Hamas menyatakan bahwa mereka telah menyergap tank-tank Israel di dekat sebuah masjid di sebelah timur kota tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Israel telah melakukan penetrasi beberapa kilometer dari timur ke pinggiran Rafah.

Israel telah memerintahkan warga sipil untuk meninggalkan bagian timur Rafah. Hal ini memaksa puluhan ribu orang Palestina mencari perlindungan di luar kota. Sebelumnya, Rafah telah menjadi benteng perlindungan terakhir bagi lebih dari 1 juta penduduk yang meninggalkan wilayah lain di Jalur Gaza selama perang dengan Israel yang sudah berlangsung sejak tujuh bulan lalu.

Israel berdalih bahwa mereka tidak bisa memenangkan perang tanpa menyerang Rafah untuk membasmi ribuan pejuang Hamas yang diyakini berlindung di kota itu. Sementara itu, Hamas menegaskan bahwa mereka akan berjuang untuk mempertahankan Rafah.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network