Akankan X/Twitter Jadi Platform Serba Bisa?

Trisna Eka Adhitya
X sedang berencana menggarap platform media sosial itu sebagai platform serba bisa. (Foto: iNews, Reuters)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Elon Musk mempunyai ambisi besar untuk mengubah platform X, yang dulunya dikenal sebagai Twitter, menjadi "aplikasi serba bisa." Saat ini, pemilik X sedang gencar mempersiapkan fitur-fitur video baru, termasuk streaming permainan dan live shopping.

Musk baru-baru ini memperlihatkan fitur video terbaru ini dalam streaming Diablo IV yang berlangsung selama 54 menit, yang diunggah melalui akun Twitter anonim dengan username @cyb3rgam3r420. Dalam tanggapannya, Musk mengonfirmasi bahwa perusahaannya saat ini sedang menguji fitur tersebut.

Seorang engineer di X bernama Mark Kalman telah membagikan video yang menjelaskan bagaimana pelanggan Premium dapat melakukan streaming permainan dari akun mereka dengan menghubungkan Open Broadcaster Software (OBS) ke akun Twitter mereka melalui X Media Studio. Meskipun belum diketahui sejauh mana keseriusan X dalam menarik para streamer, fitur ini nampaknya mendukung komentar penonton dalam streaming.

Namun, perlu diingat bahwa saat ini fitur ini belum memiliki sebagian besar fitur yang sering ada pada platform lain yang fokus pada pembuat konten.

Ini adalah salah satu contoh terbaru bagaimana X berusaha menarik lebih banyak pengguna dengan fokus pada pembuat konten dan pengembangan fitur video baru.

Di samping itu, perusahaan juga mengumumkan rencananya untuk memulai eksperimen dengan fitur live shopping, berkat kemitraan baru mereka dengan Paris Hilton. Menurut Variety, Hilton telah menandatangani kontrak untuk membuat empat program konten video asli setiap tahun yang akan mencakup fitur live shopping.

Sayangnya, belum jelas apakah tim engineer di X akan mampu mengatasi tantangan dari fitur live video baru ini. Perusahaan telah mengalami kesulitan dengan streaming audio dan live video, terutama yang terkait dengan akun milik Musk, dan sebelumnya telah melakukan pemecatan besar-besaran terhadap insinyur-insinyurnya.

Ketika Gubernur Florida Ron DeSantis muncul dalam obrolan di Spaces pada bulan Mei untuk mengumumkan pencalonannya bersama Musk, aliran tersebut terkadang mengalami gangguan, dan pertanyaan pun muncul mengenai kesiapan infrastruktur X dalam menghadapi fitur video langsung yang baru. Perusahaan ini, yang sebelumnya telah menghadapi kesulitan dalam streaming audio dan video langsung yang besar, khususnya yang terkait dengan akun Musk, tampaknya masih harus mengatasi beberapa tantangan teknis dalam waktu dekat.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network