Covid Varian Kraken Masuk Indonesia, Teridentifikasi Dari Warga Polandia

Trisna Eka Adhitya
Covid varian Kraken sudah masuk ke Indonesia (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan masuknya Virus Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5  atau varian Kraken di Indonesia. Hal itu terungkap dari identifikasi terhadap seorang warga negara asal Polandia. 

"Dilaporkan bahwa varian ini sudah ditemukan dari orang Polandia dan itu dia kenanya di Balikpapan," kata Menkes Budi saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, Budi menyebut WN Polandia dugaan tertularnya WN Polandia itu tatkala dirinya berada di Balikpapan. Hal ini diketahui  dari sistem deteksi Covid-19 yakni Whole Genome Sequencing (WGS). 

"Dia masuk tanggal 6 Januari lewat Jakarta, kemudian dia ke Balikpapan tanggal 7 Januari, kemudian di rapid antigen negatif, tanggal 11 Januari dia mau naik kapal jadi di-PCR sebagai syarat masuk kapal dan hasilnya positif," ujarnya.

Budi juga menyebut melalui cara kerja WGS yang digunakan di Indonesia  saat ini telah cukup efektif untuk mendeteksi varian yang menyerang penderitanya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network