Ini Sejarah Meniup Terompet di Tahun Baru

Trisna Eka Adhitya
Sejarah meniup terompet tahun baru berkaitan erat dengan ajaran yahudi. (Foto: My Jewish learning)

Di waktu malam pergantian tahun tersebut, orang-orang Yahudi akan menggelar perayaan atau biasa disebut sebagai Rosh Hashanah. Menjelang Rosh Hashanah, terompet yang terbuat dari domba jantan atau biasa disebut shofar akan dibunyikan di Sinagoge. 

Dalam kitab Taurat, Rosh Hashanah dijelaskan sebagai Yom Teru'ah atau hari bersuara (Shofar). Tujuan dibunyikannya terompet tersebut adalah untuk memanggil orang-orang Yahudi agar melakukan ibadah. 

Bunyi shofar ini juga merupakan seruan untuk bertobat dari dosa dan meminta pengampunan Tuhan. Maka dari itu, dimulailah sepuluh hari pertobatan yang diakhiri dengan Yom Kippur atau hari pendamaian saat pergantian tahun.

Ada banyak tradisi yang terkait dengan Rosh Hashanah selain membunyikan shofar. Beberapa tradisi tersebut adalah mendatangi Sinagoge dengan keluarga dan teman, bertaubat atas kesalahan di tahun sebelumnya, serta mengenakan pakaian putih dan baru untuk melambangkan kesucian.

Selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang disajikan saat Rosh Hashanah. Makanan yang dimaksud di antaranya adalah apel yang dicelupkan dalam madu, challah bundar, delima, hingga kepala ikan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network