Ini Sejarah Meniup Terompet di Tahun Baru

Trisna Eka Adhitya
Sejarah meniup terompet tahun baru berkaitan erat dengan ajaran yahudi. (Foto: My Jewish learning)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Terompet merupakan salah satu pernak-pernik yang sangat identik dengan perayaan malam pergantian tahun. Biasanya terompet ditiup saat waktu telah menunjukkan pergantian tahun untuk menambah semarak malam yang terjadi setiap satu tahun sekali itu. 

Namun selama ini banyak yang belum mengetahui, asal mula sejarah meniup terompet tahun baru. Padahal hampir di seluruh dunia, telah melakukannya setiap tahun.

Faktanya, ternyata meniup terompet tahun baru memiliki kaitan erat dengan tradisi keagamaan tertentu. Berikut ini ulasan dari tim iNews untuk memperkaya pengetahuan kita. 

Sejarah meniup terompet tahun baru berawal dari tradisi umat Yahudi. Dimana di saat malam pergantian tahun di bulan Tisyri umat yahudi pasti akan meniupkan terompet sebagai tanda pergantian tahun. 

Tisyri sendiri merupakan bulan pertama dalam sistem penanggalan sipil dan bulan ketujuh pada kalender keagamaan Yahudi. Tahun baru Yahudi ini biasanya bertepatan pada bulan September atau Oktober dalam kalender Masehi. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network