Targetkan Swasembada Gula dan Bioetanol, Presiden Tinjau Lahan Tebu di Mojokerto

Trisna Eka Adhitya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan di Kabupaten Mojokerto guna mewujudkan swasembada gula dan bioetanol. (Foto: Setpres)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau secara langsung area lahan tebu milik PTPN X di Desa Batankrajan, Kecamatan Gedeg, Kabupten Mojokerto, Jawa Timur pada Jumat, (4/11/2022). Kunjungan ini merupakan pemantauan program pangan untuk swasembada gula sekaligus pengembangan molasses atau tetes tebu menjadi bio ethanol sebagai energi gas.

Presiden Jokowi tiba di Mojokerto sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu disambut langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati beserta wakilnya yang langsung turun untuk memantau proses tanam tebu. 

Presiden Jokowi menjelaskan, pemerintah sedang menyiapkan 700 ribu hektar lahan tebu guna mencapai target swasembada gula. Dari target tersebut, BUMN melalui PTPN X tercatat masih memiliki 180 ribu hektar lahan yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia.

"Kalau kita betul-betul menyiapkan 700 ribu hektar lahan untuk tebu, kita akan bisa mandiri. Kita akan swasembada gula dalam 5 tahun kedepan," jelas Presiden Jokowi kepada para awak media

Disamping proses menuju swasembada gula, BUMN juga terus melakukan pengembangan pembuatan bio etanol, e5 hingga e10 dengan berbahan baku dari tebu.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network