Filosofi Logo HUT RI 77, Inilah Makna Seruan Bangkit Lebih Cepat Pulih Lebih Kuat 

Nanda Alifya Rahmah
Logo resmi HUT RI 77. (Foto: Kemensetneg)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id -  Seluruh rakyat Indonesia akan merayakan HUT RI dalam beberapa hari lagi.  17 Agustus akan menjadi hari besar bagi wilayah palingbarat hingga timur Indonesia.

Di momen besar Republik Indonesia ini, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) merilis logo HUT RI ke-77 yang dapat secara bebas digunakan dalam rangkaian perayaan hari kemerdekaan. Logo sederhana bertuliskan angka 77 dan sebaris motto yang menggugah.

Dilansir tim iNews dari laman resmi Kemensetneg, logo HUT RI 77 ini memiliki makna mendalam untuk menyatukan semangat persatuan dan pembangunan. Khususnya bagi Indonesia yang telah melewati masa sulit Pandemi Covid 19.

Makna di balik desain "77"

Desain angka 77 yang tampak sederhana itu ternyata menyimpan beberapa makna mendalam tentang cita-cita Indonesia. Berikut ini selengkapnya.

Angka 77 dibentuk menyerupai anak panah yang mengarah ke atas. Ini bermakna percepatan dan pergerakan Indonesia dalam memperbaiki kondisi. 

Garis mendatar pada angka 7 menunjukkan anak tangga progres dan pembangunan. Diharapkan ini akan terjadi di berbagai sektor yang digarap.

Angka 77 dengan ujung siku yang terbuka melambangkan demokrasi dan keterbukaan. Makna ini sebagaimana cita-cita demokrasi Indonesia untuk secara bebas aktif bersama dalam pemulihan dan berperan bagi dunia.

Sudut angka 7 yang runcing tersebut juga menunjukkan semangat juang dan lambang garuda Indonesia. Sementara garis melengkung yang mebentuk batang angka 7 melambangkan sinergi dan harapan antara pemerintah dan masyarakat.

Dua angka 7 yang tampak tergabung adalah lambang penghubung antar bangsa. Sebagaimana di tahun yang monumental ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah G20.

Sementara itu, siluet angka 1 yang muncul di antara kedua angka 7 adalah simbol tersembunyi yang mewakilkan semangat persatuan.

Seruan "Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat"

Tema HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun ini merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam mempersatukan masyarakat Indonesia. Khususnya dalam menghadapi tantangan pulih lebih cepat, siap menghadapi tantangan global, dan bangkit lebih kuat demi kemajuan Indonesia.

Seruan ini adalah ajakan untuk bersama menyatukan sinergi berupaya saling mendukung untuk pemulihan dan kebangkitan pasca pandemi Covid-19. Tugas besar tersebut tidak mungkin dilakukan searah oleh pemerintah. Peran besar seluruh rakyat Indonesia menjadi kunci keberhasilan cita-cita ini.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network