Rangkuman 6 Kecelakaan Truk Tangki Pertamina Selama 2022,  Cibubur Korban Jiwa Terbanyak

Nanda Alifya Rahmah
Kecelakaan Cibubur yang melibatkan truk tangki Pertamina dnegan puluhan kendaraan, Senin 18 Juli 2022. (Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adh)

MOJOKERTO, iNews.id - Kecelakaan truk tangki Pertamina terjadi kemarin, Senin 18 Juli 2022 di jalan alternatif Cibubur. Diberitakan 10 orang meninggal dunia sebagai korban kecelakaan Cibubur.

Kecelakaan truk tangki di Cibubur ini menjadi kecelakaan tangki Pertamina yang paling banyak menelan korban jiwa selama 2022. Pihak Pertamina pun berjanji bertanggung jawab terhadap nasib korban.

Sepanjang tahun 2022 ternyata cukup banyak pemberitaan kecelakaan truk tangki Pertamina dari seluruh wilayah Indonesia. Beberapa kejadian menelan korban jiwa. Sementara yang lain memakan kerugian cukup besar.

Berikut ini rangkuman 6 kecelakaan yang melibatkan truk Pertamina yang dirangkum tim iNews selama tahun 2022. 

1. Diduga karena slip ban, kecelakaan tunggal truk tangki yang mengangkut BBM jenis pertalite di Desa Halimpu, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (8/2/2022) sekitar pukul 10.30 WIB, di jalur yang menghubungkan Cirebon-Kuningan.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Kernet truk tangki dilaorkan alami luka di wajah. Sedangkan sopir truk tangki Pertamina shock akibat kejadian.

2. Tabrakan maut truk tangki Pertamina dengan Daihatsu Sigra di Cikampak Sungai Daun Labuhan Batu, Sumatera Utara, jam 04:30 dini hari tanggal 7 Mei 2022. Peristiwa ini menelan korban jiwa tiga orang.

Penyebab kejadian ini karena sopir Daihatsu Sigra mengantuk dan melanggar jalan dari arah berlawanan. Truk tangki Pertamina pun tidak sempat menghindar dan terjadi tabrakan.

3. Truk tangki Pertamina terlibat kecelakaan dengan truk dum di jalan arah Gianyar menuju Karangasem, Bali. Tepatnya di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra, wilayah Klungkung, Bali, Rabu (11/5/2022) siang.

Kecelakaan ini disebabkan sopir truk dum berusaha menyalip dari arah kiri. Akibatnya kepala truk tangki ringsep karena menabrak pohon. Sementara itu, sopir berhasil selamat.

4. Truk tangki Pertamina bermuatan pertalite kecelakaan di Jalan Outer Ringroad, Cengkareng, Jakarta Barat pada Rabu 18 Mei 2022, malam. Truk tangki bersenggolan dengan truk lain yang akan parkir di bahu jalan.

Akibat kecelakaan, badan truk tangki Pertamina berlubang dan ribuan liter bahan bakar tercecer. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. 

5. Pada Selasa, 31 Mei 2022 siang, seorang pengendara sepeda motor tewas terlindas truk tangki Pertamina di depan Makam Rangkah, Jalan Kenjeran, Surabaya. Pengendara itu terjatuh setelah kehilangan kendali saat mendahului sebuah mobil.

Nahasnya, di belakangnya sedang melaju truk tangki pertamina M 8366 UG. Seketika korban meninggal di lokasi.

6. Kecelakaan maut truk tangki Pertamina terjadi di jalur pantai utara (Pantura) Indramayu, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Santing, Losarang, Minggu (5/6/2022), sekitar pukul 07.00 WIB.

Dua orang tewas dan beberapa orang luka-luka. Menurut rekaman CCTV penyebabnya diduga sopir truk Pertamina gagal menyalip truk yang ada di depannya. Truk yang mengangkut elpiji tersebut hilang kendali dan akhirnya mengalami mati mesin.
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network