get app
inews
Aa Read Next : Bank Indonesia Jatim Siapkan Uang Layak Edar Rp23,2 Triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri

Cadangan Devisa RI Berkurang Rp.1449 triliun, Aman?

Rabu, 08 Juni 2022 | 16:34 WIB
header img
Direktur Eksekutif Komunikasi BI, Erwin Haryono

JAKARTA, iNews.id - Cadangan devisa Indonesia pada bulan Mei 2022 tercatat sebesar 135,6 miliar dolar AS. Jumlah ini menurun dibandingkan jumlah cadangan devisa di akhir April 2022 sebesar 135,7 miliar dollar AS. 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, cadangan devisa Indonesia yang menurun sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp.1,449 triliun masih terbilang stabil untuk menjaga stabilitas ekonomi. 

"Posisi cadangan devisa Indonesia per Mei 2022 masih stabil dan cukup tinggi untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan," kata Erwin, di Jakarta, Rabu (8/6/2022).
 
Lebih jauh, dengan cadangan devisa sebesar 135,6 miliar dolar AS masih setara dengan pembiayaan 6,8 bulan impor atau 6,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.  

Erwin juga mengatakan, bahwa perkembangan devisa pada Mei 2022 dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya penerimaan devisa migas, pajak dan jasa, serta kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut