get app
inews
Aa Read Next : Jemaah Haji Asal Jombang Meninggal di Tanah Suci Bertambah Tiga Orang, Cek Identitasnya

Kuota Haji Kloter Pertama Sudah Ada, Ini Enam Hal yang Dipersiapkan Kemenag

Rabu, 20 April 2022 | 10:09 WIB
header img
Kemenag Siapkan 6 hal untuk pemberangkatan jemaah haji 2022. (Foto: iNews.id/Reuters).

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 100.051 orang Calon Jemaah Haji (CJH) dari Indonesia dipastikan akan berangkat haji pada kloter pertama. Para CJH ini diperkirakan akan berangkat pada 4 Juni 2022 mendatang. 

Persiapan terhadap pemberangkatan kuota haji kloter pertama juga terus dilakukan Kementrian Agama (Kemenag). Setidaknya ada enam hal yang telah dipersiapkan Kemenag untuk kelancaran pemberangkatan CJH musim haji tahun ini. 

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kemenag, Subhan Cholid mengatakan, enam hal itu yang pertama adalah akan segera menerbitkan keputusan menteri agama untuk pembagian porsi haji di setiap provinsi. 

"Rumusnya 1/1000 penduduk muslim di daerah masing-masing itu normalnya. Ketika kemudian terjadi situasi seperti ini, tentu mengacu pada 45% dari masing daerah, jadi semua daerah kebagian berdasarkan presentase," kata Subhan, Rabu,(20/04/2022).

Kedua, pihaknya akan melakukan konfirmasi ulang kepada CJH yang telah melunasi biaya haji 2020 dan memenuhi syarat untuk masuk dalam daftar kuota haji 1443H/2022M. 

"Kami akan kita lakukan konfirmasi kepada masing-masing jemaah. Kita perlu konfirmasi ulang, karena mereka sudah melunasi bipih 2020 mudah-mudahan dalam waktu dekat sebelum lebaran kita sudah selesaikan semuanya," ungkap Subhan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut