get app
inews
Aa Read Next : Ditanya Soal Maju Pilkada 2024, Pj Bupati Jombang Bilang Begini!

Niat dan Tata Cara Mandi Idul Adha, Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Minggu, 16 Juni 2024 | 17:55 WIB
header img
niat dan tata cara mandi idul adha. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Momen perayaan Idul Adha, terdapat sebuah tradisi yang sederhana namun penuh makna, yaitu mandi sebelum melaksanakan sholat Id. Mandi Idul Adha bukan sekadar aktivitas membersihkan diri dari kotoran fisik, melainkan juga simbolisasi penyucian jiwa dan persiapan menyambut momen sakral yang oleh karenanya perlu diketahui niat dan tata caranya oleh umat Islam. 

Mandi ini mengajarkan umat Islam untuk menghormati hari raya dengan penampilan terbaik, sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT dan perayaan atas segala nikmat yang telah diberikan. Mandi sebelum sholat Id menjadi momen introspeksi diri, melepaskan segala beban dan kesalahan, serta memulai lembaran baru dengan hati yang bersih dan semangat yang segar.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada Senin 17 Juni 2024. Hal ini berbeda dengan pemerintah Arab Saudi yang menetapkan 10 Dzulhijjah, Minggu (16/6/2024). 

Setelah melaksanakan puasa tarwiyah dan Arafah, muslim dianjurkan mengerjakan sholat idul Adha. Ibadah tersebut merupakan rangkaian 10 hari pertama amal ibadah yang paling disukai Allah di Bulan Dzulhijjah. Salah satu amalan tersebut di antaranya melaksanakan solat Idul Adha.

Karena itu, penting bagi Muslim untuk mempersiapkan diri sebelum melaksanakan sholat Idul Adha. Selain menyiapkan pakaian yang terbaik, suci, bersih dan wangi, juga tak kalah pentingnya mandi sunnah.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut