get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pengusaha Non Muslim Jombang, Bagikan Ratusan Paket Sembako Sejak 1993 Saat Ramadan

Pengusaha Penggilingan Padi Asal Jombang Siap Serap Gabah Petani, Ini Catatan Harganya

Rabu, 01 Mei 2024 | 14:32 WIB
header img
Pengusaha penggilingan padi di Jombang sekaligus ketua Perpadi Jatim, Hendratan. Foto iNewaMojokerto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Para petani padi khususnya di wilayah Kabupaten Jombang Jawa Timur tidak perlu khawatir jika harga gabah di tengkulak maupun tempat lain anjlok. Sebab pengusaha penggilingan siap untuk menyerap atau membeli sebanyak-banyaknya dengan harga standar.

Pengusaha penggilingan padi di Kabupaten Jombang, Hendratan menegaskan jika dirinya siap untuk menyerap gabah kering panen (GKP) dari petani sebanyak-banyaknya dengan harga hari ini di kisaran Rp6.200 sampai Rp6.300 per kilogram.

"Jadi kalau ada kekhawatiran di masyarakat petani tentang harga gabah yang anjlok, saya rasa tidak perlu menjadikan kekhawatiran, karena Perpadi Jawa Timur atau nasional pun siap untuk membeli. Berapapun banyaknya akan kita beli. Ini bagian dari menjawab kekhawatiran petani," tegas Hendratan yang juga Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jawa Timur ini ditemui di Jombang, Rabu (1/5/2024).

Jadi, kata Hendratan, kalau ada petani yang gabahnya ditawar dengan harga di bawah Rp6000 per kilogram (kg) disarankan untuk dibawa ke tempatnya penggilingan padi miliknya yang siap membeli sebanyak banyaknya. "Harapan kita dengan membeli di harga Rp6.000-Rp6.300 per kilogram itu ditingkat petani sudah Rp6000 harga gabahnya. Kalau ada di bawah Rp6000 sebaiknya dibawa ke penggilingan padi saja," kata pemilik penggilingan padi di Jl Gatot Subroto Jombang ini.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut