get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Narapidana Lapas Jombang Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri, 6 Orang Langsung Bebas

Kreatif! Warga Binaan Lapas Jombang Ubah Limbah Kayu Jadi Miniatur Perahu Layar

Kamis, 25 April 2024 | 12:50 WIB
header img
Warga binaan lapas Jombang membuat miniatur perahu layar dari limbah kayu. Foto iNewsMojokerto/Lapas Jombang

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Kabupaten Jombang semakin kreatif dan mandiri di tengah keterbatasan dalam ruang dan gerak. Mereka mengubah limbah kayu menjadi miniatur perahu layar yang unik hingga memiliki nilai ekonomi tinggi. 

"Limbah kayu biasanya dibuang begitu saja. Namun, di tangan WBP Lapas Jombang, limbah tersebut bisa dijadikan kreasi seni yang bernilai jual, mulai dari kapal layar mini hingga meja dan kursi yang indah," kata Kasi Binadik & Giatja Lapas Kelas IIB Jombang, Epa Fatimah, Kamis (25/4/2024). 

Lapas Jombang selama ini terus mengembangkan potensi warga binaan atau narapidana melalui pembinaan kemandirian kerajinan tangan yang bisa menjadi bekal keterampilan setelah selesai menjalani masa hukuman. Adapun pembinaan kemandirian itu dilaksanakan di ruang khusus bengkel kerja lapas setempat. 

Epa mengatakan program pembinaan kemandirian itu telah melahirkan serangkaian produk seni yang mengagumkan di antaranya pembuatan miniatur kapal layar, yang dilakukan oleh warga binaan pada Selasa 23 April 2024 lalu.

Pembuatan kerajinan miniatur kapal layar serta beberapa produk hasil karya warga binaan itu rencananya akan dipamerkan dalam memperingati hari bhakti pemasyarakatan ke 60 di Lapas Kelas I Surabaya, Jawa Timur. 

"Bahwa Pembinaan kemandirian itu tidak hanya mengajarkan keterampilan tetapi juga nilai-nilai kerja tim, ketekunan dan kreativitas. Miniatur kapal layar yang dihasilakn oleh warga binaan tidak hanya membanggakan tetapi juga mewakili potensi yang luar biasa dalam pembinaan kemandirian dan rehabilitasi di dalam sistem pemasyarakatan," ujar Epa. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut