get app
inews
Aa Read Next : Soma Nite Run Meriah, UMKM Dapat Berkah

Kisah Samsul, Rintis Usaha Bakso hingga Sukses Ubah Nasib Pengamen dan Gelandangan

Sabtu, 23 Maret 2024 | 09:15 WIB
header img
Samsul menyakikan bakso gratis kepada warga Jemurwonosari di acara buka puasa. (Ihya' ulumuddin).

Lebih menyenangkan lagi, seluruh karyawan juga diajari untuk maju. Mereka yang sudah bisa survive diberi kesempatan untuk membuka usaha bakso secara mandiri.

Komitmen BRI Bantu UMKM

Komitmen BRI terhadap kemajuan UMKM memang tak perlu diragukan lagi. Hal itu terbukti dari besarnyanya penyaluran kredit untuk sektor ekonomi kerakyatan tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun Databoks, penyaluran kredit sektor UMKM pada kuartal I 2023 mencapai Rp989,6 triliun. Naik cukup tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy) yakni sebesar Rp903,3 triliun.

Sedangkan total penyaluran kredit BRI untuk semua sektor hingga kuartal I-2023 mencapai Rp1.180,1 triliun. Kredit BRI tumbuh positif berkat dukungan segmen mikro dengan pertumbuhan mencapai 11,18 persen (yoy).

Adapun pertumbuhan di segmen UMKM diikuti dengan pertumbuhan laba secara konsolidasian (BRI Group) sebesar 27,37 persen (yoy) menjadi Rp15,56 triliun.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, mengatakan, kinerja positif BRI pada kuartal I 2023 adalah buah dari penyaluran kredit UMKM. Lewat kredit itu, BRI juga turut berkontribusi pada peningkatan ekonomi bangsa. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut