get app
inews
Aa Read Next : Soma Nite Run Meriah, UMKM Dapat Berkah

Kisah Samsul, Rintis Usaha Bakso hingga Sukses Ubah Nasib Pengamen dan Gelandangan

Sabtu, 23 Maret 2024 | 09:15 WIB
header img
Samsul menyakikan bakso gratis kepada warga Jemurwonosari di acara buka puasa. (Ihya' ulumuddin).

"Dia bilang, jangan takut membesarkan usaha. Katanya bakso saya enak harus dikembangkan," ujarnya.

Pesan pembeli itu membuat Samsul tertantang. Berbekal surat BPKB motor milik bapak mertua, Samsul mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp25 juta ke Bank Republik Indonesia (BRI) Cabang Kutisari. Pinjaman itu cair dalam waktu delapan hari.

"Saya nekat saja. Uang Rp25 juta saya belikan rombong lima unit. Saya sebar ke beberapa titik. Di terminal, kampung dan tempat mangkal ojek online," katanya.

Momen itu rupanya menjadi titik balik usaha bakso Samsul. Bakso yang diberi nama Rahayu (diambil daru nama istirinya) ternyata cocok di lidah para pelanggan, sehingga terus berkembang.


Warga menyerbu rombong bakso Samsul di Jemurwonosari. (ihya' ulumuddin).

Dua tahun berselang (2018), Samsul kembali berekspansi. Dia kembali memperluas pasar baksonya hingga ke wilayah Sidoarjo. Karena itu, dia kembali mengajukan KUR BRI untuk kembali membeli rombong.

"Saya pinjam Rp60 juta. Kali ini tanpa agunan," katanya.

Pihak BRI memberi kepercayaan karena usaha bakso Samsul sudah jalan. Selain itu, cicilan pinjaman KUR yang pertama juga lancar. "Saya enggak pernah telat bayar, makanya gampang," tuturnya.

Proses sama juga terjadi pada pinjaman Samsul yang ketiga kalinya sebesar Rp100 juta pada 2020 lalu. Saat itu, dia membutuhkan modal lebih besar lagi untuk memperbayar sewa kontrakan rumah, tempat produksi bakso. Sisanya untuk menambah rombong yang kini total berjumlah 22 unit.

Sejak saat itu, bisnis bakso Samsul terus berkembang. Omzet yang semula hanya Rp600.000 per hari, kini naik menjadi Rp3,5 juta hinga Rp4 juta per hari. "Sehari bisa menggiling 70 kilogram daging. Kalau pas ramai kadang sampai 1 kwintal," katanya.

Karena itu Samsul bersyukur atas semua yang didapat hari ini. Dia juga beterima kasih atas kepedulian BRI terhadap pelaku usaha kecil seperti dirinya untuk terus maju dan berkembang.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut